Apa itu Legal Standing? Berikut Pengertian, Contoh, dan Cara Mengajukannya

Apa itu Legal Standing? Berikut Pengertian, Contoh, dan Cara Mengajukannya

Legal standing adalah konsep hukum yang merujuk pada hak seseorang atau suatu entitas untuk mengajukan gugatan di pengadilan. Secara sederhana, legal standing menentukan apakah pihak yang mengajukan gugatan memiliki kepentingan hukum yang cukup terkait dengan kasus tersebut sehingga layak untuk membawa perkara tersebut ke pengadilan.

Menurut Hukumonline, legal standing merupakan hak atau kemampuan yang dimiliki oleh individu atau kelompok untuk bertindak sebagai penggugat dalam suatu perkara hukum. Tanpa legal standing, pengadilan tidak akan mengakui gugatan yang diajukan, dan kasus tersebut tidak akan diproses lebih lanjut.

Tujuan utama dari konsep legal standing adalah untuk memastikan bahwa hanya pihak-pihak yang benar-benar memiliki kepentingan yang relevan dan langsung terkait dengan suatu kasus yang diizinkan untuk membawa perkara tersebut ke pengadilan. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyalahgunaan sistem peradilan oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan dan memastikan efisiensi dalam penanganan kasus.

Seperti yang dijelaskan oleh Pasartrainer, memahami legal standing dapat membantu individu dan bisnis dalam mengamankan kepentingan hukum mereka. Dengan memiliki legal standing, mereka dapat menuntut atau mempertahankan hak-hak mereka di hadapan hukum dengan dasar yang kuat.

  1. Perorangan
    Seorang individu yang terkena dampak langsung dari tindakan pihak lain dapat memiliki legal standing untuk mengajukan gugatan. Misalnya, seseorang yang mengalami kerugian akibat pelanggaran kontrak oleh pihak lain berhak mengajukan gugatan untuk menuntut ganti rugi.
  2. Organisasi
    Organisasi atau lembaga non-pemerintah (LSM) sering kali memiliki legal standing untuk mengajukan gugatan dalam kasus-kasus yang berkaitan dengan kepentingan publik. Sebagai contoh, organisasi lingkungan hidup dapat mengajukan gugatan terhadap perusahaan yang merusak lingkungan jika organisasi tersebut dapat membuktikan bahwa kegiatan perusahaan tersebut berdampak negatif pada lingkungan dan masyarakat yang dilayani oleh organisasi tersebut.
  3. Pemerintah
    Instansi pemerintah memiliki legal standing untuk mengajukan gugatan demi kepentingan umum. Misalnya, pemerintah daerah dapat mengajukan gugatan terhadap perusahaan yang melakukan pencemaran lingkungan di wilayahnya.
Baca juga  Daftar Produk Tidak Halal di Indonesia: Panduan Lengkap

Menurut Kumparan, contoh nyata dari penggunaan legal standing adalah gugatan yang diajukan oleh organisasi lingkungan terhadap perusahaan tambang yang merusak hutan. Organisasi tersebut memiliki legal standing karena mereka mewakili kepentingan masyarakat yang terkena dampak negatif dari kerusakan hutan tersebut.

1. Apakah semua orang bisa mengajukan gugatan ke pengadilan?
Tidak semua orang bisa mengajukan gugatan. Hanya individu atau entitas yang memiliki legal standing, yaitu kepentingan hukum yang relevan dan langsung terkait dengan kasus tersebut, yang dapat mengajukan gugatan.

2. Bagaimana cara menentukan apakah seseorang memiliki legal standing?
Legal standing ditentukan berdasarkan apakah individu atau entitas tersebut memiliki kepentingan yang nyata dan langsung terpengaruh oleh tindakan atau kejadian yang menjadi pokok gugatan. Pengadilan akan menilai apakah ada hubungan kausal antara tindakan yang diadukan dan kerugian yang dialami penggugat.

3. Apakah organisasi non-pemerintah (LSM) bisa memiliki legal standing?
Ya, LSM dapat memiliki legal standing, terutama dalam kasus-kasus yang berkaitan dengan kepentingan publik. Mereka harus membuktikan bahwa kegiatan yang mereka gugat berdampak negatif pada masyarakat atau lingkungan yang mereka wakili.

Kesimpulan

Legal standing adalah konsep penting dalam sistem hukum yang memastikan bahwa hanya pihak-pihak dengan kepentingan hukum yang relevan yang dapat mengajukan gugatan di pengadilan. Dengan memahami dan memiliki legal standing, individu dan entitas dapat melindungi hak-hak mereka dan menuntut keadilan secara efektif.

Bagikan:

Artikel Lainnya

Ada Pertanyaan Terkait Legalitas Bisnismu?

"*" indicates required fields

Gratis Ebook!

Legal Menjadi Pengaruh sudah bantu 1500+ pengusaha di seluruh Indonesia. Gabung sekarang dan rasakan kemudahan mendirikan PT, CV, dan legalitas lainnya!